Selamat Datang di catatan.winkamaru.com

Untuk Apa Menulis dan Apa Tujuannya?


Setiap orang mungkin sudah pernah menanyakan hal yang demikian. Untuk apa menulis? dan Apa sih tujuannya? Apakah untuk membeli sebuah roti di kantin sekolah Ibu Mirna? atau untuk menunjukkan eksistensi diri bahwa seorang yang memiliki keahlian menulis itu pintar?

Owh.., Sabar dulu! Bukan itu, pengertian menulis dan tidak seperti itu tujuan orang menulis.

Lantas Apa itu menulis?

Sebenarnya tanpa kita sadari proses menulis telah kita lakukan setiap hari. Yap... "S.E.T.I.A.P - H.A.R.I" dimulai dari kebiasaan update status di sosial media, sms pacar atau gebetan, mengirim pesan, dll.

Ada yang hanya sekadar menulis beberapa kata hingga sampai beberapa paragraf. Tulisan-tulisan tersebut pun beragam ada yang berisi sapaan dan bertanya kabar, ada yang berisi kutipan-kutipan indah untuk membujuk pasangan atau mengganggu gebetan, bahkan ada yang menulis curahan hatinya panjang lebar untuk mendapatkan respon supaya mantan mau balikkan lagi dengannya, dan masih banyak tujuan lainnya.

Salah satunya seperti menulis status di media sosial. Pernahkah Anda melakukannya? Apa yang Anda tulis dan apa tujuan Anda menulis hal tersebut?

Umumnya saat meng-update status di sosial media kita mungkin sedang merasakan beberapa persoalan entah galau, stres, dan masalah lainnya.

Status tersebut biasanya mencerminkan kondisi kita pada hari itu. Tanpa kita sadari dengan meng-update status kita telah melalui proses menulis dimana kita menyampaikan apa yang kita rasakan dan apa yang ingin kita sampaikan, tujuannya adalah agar ada yang membacanya dan kita bisa mendapatkan respon dari mereka.

Hal ini seperti dalam KBBI yang memberikan pengertian menulis adalah sebuah proses melahirkan pikiran atau perasaan dengan tulisan yang artinya menulis seperti menuangkan isi hati si penulis ke dalam bentuk tulisan, sehingga maksud hati penulis bisa diketahui banyak orang melalui tulisan yang dibuatnya.

Dengan beberapa ulasan di atas, kita akhirnya bisa menyimpulkan secara sederhana bahwa menulis adalah proses menyampaikan perasaan atau pesan dari si penulis kepada pembaca. Dengan maksud agar pembaca bisa mengetahui apa yang dirasakan oleh penulis dan apa yang ingin penulis sampaikan dalam tulisannya.

Sehingga jika pertanyaan yang muncul dalam benak kita untuk Apa Menulis? dapat langsung dijawab bahwa menulis dilakukan untuk menyampaikan gagasan, ide, pendapat dan perasaan, atau pesan kita dengan harapan dibaca oleh orang lain dan mendapatkan respon.

Pembaca sendiri dapat digolongkan dalam beberapa bagian (Anak-anak, Dewasa, Akademisi, Ilmuan, dll). Sehingganya menulis juga dianjurkan untuk tidak sekadar menulis tetapi mampu memfokuskan tujuan menulis untuk golongan mana? sehingga sebuah tulisan dapat bersifat umum dan khusus kepada siapa pembacanya.

Kita juga tahu beberapa tujuan menulis sebagian lainnya adalah untuk memenuhi persyaratan tertentu. Misalnya menulis untuk tugas sekolah, tugas kampus, dll. Tetapi akhirnya tujuan tulisan itu adalah untuk dibaca atau disampaikan kepada pembaca (penyimak).

Setelah membaca tulisan ini! Apa yang anda pikirkan sekarang? Apakah semua orang bisa menulis?

Punya jawaban? Sampaikan pada kotak komentar di blog ini ya!

Hehehe... sekian semoga berkah.