Selamat Datang di catatan.winkamaru.com

3 Tips Menulis Happy Ala Win Kamaru


Beberapa orang menjadikan kegiatan menulis sebagai sebuah pekerjaan. Bagi seorang penulis, tuntutan profesionalitas dan perbendaharaan kata yang banyak, wawasan yang luas, gagasan dan ide kreatif menjadi bahan dan bumbu komplit yang sangat penting dalam melakukan kegiatan menulis.

Di era sekarang. Menulis tidak lagi sebagai sebuah hobi melainkan dapat dijadikan sebagai sebuah profesi. Sebab kita bisa mendapatkan penghasilan untuk memenuhi kebutuhan hidup baik dengan menjadi penulis buku, penulis naskah film, ataupun sebagai freelance ataupun content writer. Semua hal tersebut saat ini telah menjadi sebuah profesi yang cukup menjanjikan. Namun tentu saja menjadi seorang yang berprofesi sebagai penulis harus memiliki ilmu dan ahli dibidangnya.

Berbicara mengenai profesi menulis saya sangat jauh dari pernyataan tersebut. Oleh karenanya dalam tulisan ini, saya tidak ingin membicarakana mengenai profesi menulis yang sudah saya bahas di atas. Saya hanya ingin berceloteh ringan tentang menulis.

Menulis umumnya dimengerti sebagai sebuah kegiatan mencurahkan ide dan gagasan ke dalam bahasa tulis. Melihat hal tersebut maka menulis sebenarnya tidak memiliki perbedaan yang banyak dengan pengertian berbicara. Hanya saja jika berbicara terjadi secara lisan maka menulis adalah kebalikannya. Sama-sama bermediumkan bahasa tapi memiliki praktik yang berbeda dalam menyampaikan informasi kepada khalayak ramai.

Untuk teman-teman yang barangkali memiliki minat dan hobi menulis mungkin pernah bertanya dimana tempat yang baik untuk melakukan kegiatan menulis. Bagi saya pribadi menulis sebenarnya dapat kita lakukan dimana saja, menggunakan apa saja, baik secara online maupun offline. Tergantung bagaimana kita dengan kondisi dan mood yang terjadi saat itu.

Jadi bagi kamu yang bingung dalam mencari suasana ketika akan menulis, berikut win kamaru akan memberi kamu beberapa tips yang mungkin bisa disebut sebagai saran. diantara

1. Carilah Tempat-tempat yang Kamu Senangi


Menulis di tempat-tempat yang disenangi akan menjadi sebuah alternatif unik sebagai bentuk penetralisir rasa mood yang tidak baik. Suasana akan terasa fressh serta menjadikan kegiatan menulis menjadi lebih indah dan bermakna. Jika di daerah kamu punya pantai! Maka kamu bisa mencoba menulis di pantai. Pengalaman saya pantai adalah tempat sejuk yang bilamana saat melakukan kegiatan menulis suasana akan terasa damai dan sejuk di sana, ditambah lagi mata yang menikmati keindahan akan terus mengajak kita melihat hal-hal unik yang akan menambah ide dan inspirasi dari bahan yang akan kita tulis.

Sebenarnya kita tidak harus memilih pantai sebagai alternatif itu. Sebab kita dapat menyesuaikannya dengan mood yang kita miliki. Misalnya saja kita menyukai sungai, sawah, kebun, dan tempat-tempat lain yang menurut kita bisa memberikan ketenangan dan kenyamanan. Sehingga mampu memberikan kita ide, inspirasi dan merangsang kreativitas kamu nantinya di sana. Jadi untuk itu silakan mulailah bereksperimen dan mencari cara dalam meningkatkan mood kamu dalam menulis termasuk mendatangi tempat-tempat yang kamu senangi.

2. Menulislah Secara Online


Menulis secaa online merupakan salah satu kegiatan yang dapat kita lakukan dalam menulis bilamana kita memiliki tujuan menulis dan membagikannya dalam forum online. Seperti blog, facebook, dll. Hanya saja kebanyakan orang akan meggunakan blog sebagai tempat mereka menulis online. Saya pribadi lebih suka menulis di forum online seperti blog dan catatan facebook. Alasannya menulis online terasa lebih ringan dan sangat ramah lingkungan dibandingkan harus menulis di program windows seperti Microssoft Word yang sering mengalami not responding secara berkala apabila PC/Komputer kita sudah sering ngambek seakan minta untuk segera diganti baru.

Sementara itu menulis secara online akan memberikan sensitifitas yang baik kepada kita termasuk memudahkan kita dalam mengumpulkan referensi atau bahan tulisan dengan menganalisis informasi terbaru atau yang sedang trend saat ini. Ini akan sangat membantu kita dalam mengembangkan topik yang dibahas menjadi lebih luas dan pada informasi.

3. Nongkrong di Warkop, juga bisa jadi solusi


Kalau nuansa online belum bisa memberikan kenyamanan dalam menulis. Maka kita bisa mencoba nongkrong di Warkop! Kenapa Warkop? Alasan memilih Warkop sebagai solusi ampuh adalah pertama apabila kita suka ngopi, kedua ada fasilitas free Wifi yang bisa kita manfaatkan untuk menghemat data internet dan menambah referensi tulisan kita melalui artikel online yang bisa kita baca.

Selain itu di Warkop kita nantinya secara tidak sengaja kita akan mengamati tingkah laku orang-orang di sana. Kita bisa mempelajari tingkah pengunjung dari yang muda, dewasa, bahkan orang tua. Hal ini biasanya akan memberikan kita beberapa gambaran real untuk mengembangkan tulisan peristiwa yang bilamana ada dalam tulisan yang kita buat. Sangat cocok bagi penulis cerpen, novel, maupun puisi narasi.

Bahkan di sana kita akan mendapatkan informasi uptodate! Hal ini dikarenakan kamu akan dengan tidak sengaja mendengar berbagai percakapan pengunjung termasuk diskusi mereka. Umumnya membahas hal-hal tidak penting, hal-hal mengenai isu-isu politik, social budaya, agama, dll. Semua itu kalau kita amati dengan baik maka biasaanya kita akan menemukan berbagai ide untuk menulis berdasarkan apa yang kita dengar dari diskusi-diskusi kecil mereka. Jadi pasang telinga jelas-jelas, manfaatkan itu dengan baik. Bisa jadi ide menulis kita dari celoteh-celoteh mereka.

Bagaimana? apakah teman sudah bisa menemukan gambarannya? Simpulannya menulislah dimana saja dan utamakan tempat-tempat yang berkesan termasuk tempat-tempat unik yang bisa memberikan kita rangsangan dalam mengembangkan ide dan menambah informasi isi dari tulisan yang kita buat.

Hanya itu saja semoga menulis bisa bermanfaat untuk anda! Jangan lupa berkomentar dan kalau perlu kemukakan pendapat kamu yang masih berhubungan dengan topik tulisan ini!

dt, 27 Februari 2016 (12.42 PM) Wita
(diambil dari catatan facebook lama saya dan digubah seperlunya)